life in the different

on Jumat, 24 Februari 2012

hidup dalam perbedaan, ya gw emang hidup dalam perbedaan. mungkin di saat orang berpikir kalau agama mereka adalah agama yang terbaik itu tidak terjadi dalam hidup gw. gw hidup di 2 agama berbeda, nyokap muslim dan gw sendiri khatolik. 



saat semua orang bilang hidup dalam perbedaan seperti yang gw rasa dari dulu sampe sekarang itu susah tapi buat gw itu adalah hal mudah dan simpel. ga usah di ceritain lah ya kenapa gw bisa beda agama sama nyokap gw :D 
Gw dari kecil mendapat didikan khatolik yang kental dari eyang gw, nyokap gw pindah ke bandung pas masih kelas 2 SD. dari kecil terbiasa dengan didikan khatolik yang kental, mulai dari sekolah gw sekolah khatolik sampai akhirnya gw pindah ke bandung dan mulai sekolah di sekolah swasta biasa tapi pelajaran agamanya adalah agama islam. gw dapet dispen sih waktu itu. waktu SMA sama aja tapi waktu SMA gw masih mending soalnya gw dapet guru agama khatolik sendiri. 
hubungan gw sama nyokap serius ga ada masalah. kadang nyokap gw sering ngajakin gw masuk agama islam tapi ganti agama ga segampang itu dan nyokap gw ngerti itu. nyokap gw itu dulu adalah seorang kristen dan nampaknya rada ada keterpaksaan soalnya waktu nyokap gw kecil pas banget eyang gw pindah agama ke khatolik dan memaksa anak-anaknya untuk masuk khatolik jg. ya udahlah ya kristen - khatolik sama aja. sampe endingnya nyokap gw pindah ke bandung dan mungkin dapet hidayah bisa pindah agama jadi islam. 

suatu big step saat gw dengan mantab milih UNISBA (universitas islam bandung) buat nerusin kuliah. ya menjadi seorang khatolik di lingkungan yang islam banget itu emang jadi tantangan buat gw, tapi menurut gw sekolah atau untuk apapun itu ga terbatas dari agama. Tantangan yang gw dapet adalah gw harus ngikutin kuliah agama islam dan beberapa tahapan yang islam banget, tapi gw ga merasa terbebani dengan itu semua. keluh kesah pasti ada karena gw harus ngejalanin hal yang bertentangan dengan agama gw tapi so what ? gw udah milih dan gw harus siap dengan ini. 

oke maksud gw cerita ini adalah gw merasa prihatin dengan kondisi negara ini yang semakin aneh dan acak adut, apalagi kerukunannya. bisa kita lihat kan gimana sekarang anarkisnya ormas-ormas yang membawa agama sebagai dasar landasan ormas mereka bertindak anarkis dan menurut gw ga ada tuh namanya anarkis, kekerasan dan tindakan kriminal di ajaran semua agama untuk mempertahankan agamanya. ya gw ga bisa nyalahin juga tapi coba kita pikir lagi, ormas indonesia ini bisa gw bilang cara pikirnya dangkal dan pandanganya sungguh sempit, tidak bermoral dan berakal. sorry kalo pemikiran gw barusan rada keras tapi memang itu kenyataanya. emang ada agama ngajarin kekerasan ? 
andai ormas-ormas dan orang-orang yang bermusuhan dengan agama lain itu bisa berpikir lebih dewasa dan lebih menyederhanakan pemikiran mereka dalam hidup bersama antar agama mungkin Indonesia ga akan sechaos sekarang. susah memang merubah mindset tapi kalo perubahan itu di bawa ke yang lebih baik pasti bisa dan gw percaya itu. 
hidup dalam perbedaan itu indah, gw udah ngerasain itu dan itu bukan sebuah teori. waktu SD gw terbiasa berteman dengan orang suku ambon dan chinese dan teman-teman yang beberapa adalah seorang muslim dan itu indah, kita bisa berbaur dan berbagi banyak hal. waktu SMPsama malah mungkin mayoritas teman-teman gw adalah muslim. waktu SMA gw ketemu temen deket seorang khatolik dan chinese, memang 1 agama tapi beda ras, kalo loe apakah gw risih ? sama sekali engga. katanya indonesia mau bebas dari SARA tapi kenyataanya apa ? ya pada tau kan gimana 

kita hidup bersama di 1 negara yang mengakui adanya 5 agama dan 1 kepercayaan, saat 1 agama bercabang-cabang dan di salah satu cabangnya itu melakukan yang bisa di bilang "sesat" apakah harus dengan kekerasan? 

"hidup akan lebih indah bila kita bisa saling mengerti satu sama lain dan bisa menerima ketidak sempurnaan satu sama lain"

alta titus 

0 comments:

Posting Komentar